selamat datang

SELAMAT DATANG di info KESEHATAN & KECANTIKAN

Kamis, 15 November 2012

TYPE KULIT KEPALA RAMBUT BOTAK


Jenis Kulit Kepala

            Rambut kering, berminyak, atau normal dipengaruhi, kelenjar minyak pada kulit kepala.
·         Rambut kering memiliki helai rambut yang lebih kasar dan kusam.  Ini disebabkan produksi kelenjar minyak yang rendah. Rambut akan semakin kering seiring dengan bertambahnya usia. Namun kekeringan rambut bias disebabkan pemakaian hair dryer yang terlalu sering, terlalu bnayak berada dibawah sinar matahari, dan   banyak terkena zat-zat kimia seperti cat rambut dan klorin. Rambut kering tampak kusam dan kaku.
·         Rambut berminyak disebabkan produksi kelenjar minyak yang berlebihan karena factor keturunan, diet yang slah, stress, atau hormonal. Rambut jenis ini akan ‘melekat’ pada kulit kepala dan tampak ‘tidak bersih’.
·         Rambut normal memiliki kelembapan yang cukup.

Lapisan Rambut

            Helai rambut terdiri atas tiga lapisan kutikel (lapisan luar beerbentuk mirip sisik ikan yang melindungi seluruh batang rambut), korteks (lapisan kedua), dan medulla (inti rambut). Rambut yang sehat memiliki kutikel yang menutup dengan baik  (tidak pecah-pecah) sehingga rambut memantulkan sinar dan tampak berkilau. Setiap helai rambut memiliki elenjar minyak pada akar rambut untuk menjaga kutikel agar tetap lembut. Namun kutikel dapat rusak akibat polusi, panas matahari, cat rambut, hair dryer, air yang banyak mengandung klorin dan zat besi, atau produk- produk penataan rambut yang tidak cocok untuik kulit kepala  Anda. Bila kutikel rusak, bagian dalam dapat ikut rusak dan mengakibatkan ujung rambut bercabang. Kutikel adalah lapisan tipis yang tidak berwarna yang melindungi korteks.
            Korteks, lapisan dalam rambut, menentukan  kekuatan, elastisitas, ketebalan, dan tekstur rambut. Rambut yang lurus, ikal, dan keriting dipengaruhi oleh korteks. Selain itu, korteks mengandung melanin yaitu pigmen yang member warna pada rambut.
            Medulla atau inti rambut berbentuk seperti spons yang menentukan ukuran diameter rambut dan memantulkan warna rambut. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang maka kondisi medulla-nya juga memburuk.

klik...cara mengatasinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar