selamat datang

SELAMAT DATANG di info KESEHATAN & KECANTIKAN

Kamis, 15 November 2012

RAMBUT UBAN


Warna Rambut

            Ada orang yang beruban pada usia 20-an, tapi ada yang baru beruban pada usia 40-an. Factor genetic menentukan apakahg seseorang cepat atau lambat beruban. Selain itu, stress dan penyakit dapat menyebabkan rambut lebih cepat memutih.
 Ada dua jenis pigmen rambut (melanin), yaitu eumelanin yang menbuat rambut berwarna hitam atau cokelat, tergantung dari jumlah yang terkandung dalam sel rambut,  dan pheomelanin yang membuat rambut kuning-merah. Rambut hitam merupakan hasil dari banyaknya produksi eumelanin, sedangkan rambut pirang mengandung sedikit eumelamin. Pria berkulit hitam biasanya memiliki rambut hitam. Sedangkan pheomelanin membuat rambut bernuansa keemasan.
            Perbedaan warna rambut setiap orang ditentukan oleh kadar eumelanin dan pheomelanin di dalam akar rambutnya. Jadi setiap orang memiliki warna rambut yang berbeda. Bahkan pada setiap kepala memiliki banyak nuansa rambut karena setiap akar rambut tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang sama. Melanin diproduksi oleh molonocytes, dan bila zat ini tak dapat memproduksi melamin lagi maka rambut menjadi abu-abu dan putih.
            Rambut hitam terdiri atas  sekitar 99% eumelanin dan 1% pheomelann, rambut coklat terdiri atas 95% eumelanin dan 5% pheomelanin, rambut merah terdiri atas 67% eumelann dan 33% pheomelanin. Meski rambut hitam memiliki 1% pheomelanin, tapi rambut tersebut tertutup sebagian besar eumelanin sehingga tak terlihat.
            Warna rambut memengaruhi jumlah rambut. Rambut pirang bias tumbuh 120.000 helai, sedangkan rambut gelap pada umumnya tumbuh 110.000 helai. Warna rambut secara alamiah bias berubah karena perubahan kadar melanin, obat-obatan, atau komoterapi.
            Rambut sehat memiliki permukaan halus sehingga memantulkan sinar lebih baik dan tampak lebih berkilau. Sebaliknya rambut tidak sehat memiliki permukaan kasar sehingga tampak kusam. Kondisi seperti ini bias disebabkan kualitas air yang tidak bagus, shampoo yang terlalu banyak detergen, menyikat rambut dengan ksar, atau tidak membersihkan rambut dari hairstyling product dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar