selamat datang

SELAMAT DATANG di info KESEHATAN & KECANTIKAN

Kamis, 15 November 2012

MITOS RAMBUT


Mitos Tentang Rambut
           
            Ada beberapa mitos yang keliru tentang rambut.  Spencer David Kobren menulis fakta yang sebenarnya tentang rambut dalam bukunya ‘The Bald Truth’. Berikut ini adalah mitos dan fakta tentang rambut:
a.      Mitos: kebotakan pada pria secara genetic diwarisi dari ibu.
            Fakta: kebotakan bisa diturunkan dari ayah atau ibu.

b.      Mitos: kerontokan rambut sekitar 100 helai sehari tidak perlu dikhawatirkan karena itu jumlah yang normal.
Fakta: Jika Anda tidak memiliki tanda-tanda kebotakan (rambut menipis pada satu bagian saja), maka jumlah kerontokan itu adalah normal karena rambut yang rontok itu dapat digantikan rambut baru yang tumbuh dari akar rambut. Tapi bila Anda mengalami tanda-tanda kebotakan, maka Anda perlu merawat rambut karena kerontokan itu disebabkan akar rambut yang hamper mati. Akar rambut yang hamper mati hanya dapat menumbuhkan rambut-rambut yang sangat halus, hamper tak terlihat. Akar rambut yang sudah mati sama sekali tak dapat menumbuhkan rambut.

c.      Mitos: Anda dapat menambah jumlah akar rambut dengan obat-obatan, perawatan tradisional, atau kimiawi, message, diet, atau alat-alat tertentu.
Fakta: Tidak. Jumlah dan diameter akar rambut Anda tergantung pada factor keturunan.  Anda tak dapat menambah jumlah folikel pada kulit kepala Anda. Tapi Anda dapat mencegah kerontokan rambut dengan mengetahui penyebab kerontokannya.

d.      Mitos: Memotong rambut dapat membuatnya tumbuh lebih cepat dan lebat.
Fakta: Tidak. Rambut tumbuh rata-rata sekitar 1,5 sentimeter setiap bulan. Pemotongan rambut sama sekali tak memengaruhi ketebalan setiap helai rambut ataupun jumlah rambut yang tumbuh dari folikel.

e.      Mitos: Jika tak dipotong, rambut akan terus-menerus tumbuh.
Fakta: Tidak. Panjangnya rambut tergantung pada kondisi kepala setiap individu. Semakin lama fase pertumbuhan rambut, semakin panjang rambut tumbuh. Bila secara alamiah rambut Anda memiliki fase pertumbuhan yang lama, rambut Anda dapat tumbuh sampai di bawah pinggang. Sebaliknya jika rambut Anda secara alamiah memiliki fase pertumbuhan yang pendek, maka rambut Anda akangugur dan hanya dapat mencapai panjang tertentu. Lamanya fase pertumbuhan rambut tergantung pada factor keturunan dan gizi.

f.       Mitos: Mengenakan topi dapat menyebabkan rambut rontok.
Fakta: Rambut akan rontok bila sirkulasi darah ke dalam folikel tidak lancar. Jadi selama Anda tak mengenakan topi yang sangat ketat setiap hari, rambut tak akan rontok. Rambut dapat rusak akibat keringat, kotoran, dan partikel-partikel yang menyumbat pori-pori.

g.      Mitos: Memakai hair dryer akan mengakibatkan rambut rontok.
Fakta: Tidak. Tetapi alat itu dapat membuat rambut kering dan rusak kemudian gugur. Tapi rambut yang gugur itu dapat digantikan oleh rambut baru yang keluar dari folikel pada fase pertumbuhan. Rambut tidak dapat tumbuh bilaa folikel mati, seperti rumput bila akarnya mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar